Senin, 30 Mei 2016

ASEAN Open Sky


ESSAY
Seminar Nasional di Universitas Pancasila
Semua yang menjadi pembicara di seminar itu adalah orang yang ahli dibidang masing-masing, tidak rugi saya mengikuti seminar itu banyak manfaat dan informasi baru yang bisa memuka mata kalau dunia teknik sipil harus kelusr dari zonanya atau istilahnya out of the box.
Pembicara pertama adalah pak Samsul Rizal (Kementrian Republik Indonesia)
Bandara di Indonesia yang cukup banyak da nada 5 bandara yang menjadi Bandara Hub atau bandara kunci untuk menuju bandara-bandara local sebagai penerbangan perintis, bag pesawat luar negeri yang ingin masuk ke wilayah Indonesia maka harus masuk ke salah satu andara tersebut, diantaranya adalah:
1.      Bandara Soekarno Hatta-Jakarta
Bandara ini sekarang berkelas internasional dan sedang menjalankan pembangunan proyek terminal 3 yang akan memudahkan setiap pesawat yang take of atau pun landing juga menmbah kapasitas volume pesawat yang ditampung demi mendapatkan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jasa pesawat.
2.      Bandara  Juanda- Surabaya
Bandara ini juga bandara internasional, letaknya di ujung timur pulau jawa yang memudahkan untuk taransportasi udra, dimana di daerah itu banyak sekali kegiatan bisnis dan atau pariwisata yang sering menyingahinya, tak menutup kemunggkinan jaman sebelum merdeka daerh ini menjadi daerah transit kapal besar dari Indonesia bagian timur untuk menuju Indonesia bagian barat.
Untuk saat ini juga tidak jauh beda dengan tujuan itu.
3.      Bandara I Gusti Ngurah Rai-Bali
Daerah bli sangatlah terkenal dengan pesona pariwisatanya yang menarik dan indah, tak yal setiap turis asing atau mancanegara banyak yang berlubur dke bali, sehingga memmbutuhkan bandara internasional yang. Di bandara ini juga restaurant dan yang lainnya bahkan sudah mendapatkan srtifikat internasional.
4.      Bandara Sultan hassanuddin-Makasar
Bandara internasional ini menghubungkan ke Indonesia bagian tengah seperti yang ada di daerah Kalimantan damn Maluku. Bandara ini juga sangat kental dengan ersitektur daerah makasar, luasan bandara yang dibangun diatas tanah yang luas dan masih asri dengan biota alami daerah tersebut.
5.      Bandara Kualanamu-Medan
Bandara ini juga termasuk bandara internasional yang merupakan bandara idonesia yang baru satu-satunya mempunya jalur kereta yang menghubungkan bandara ke areal take of demi memuaskan pelanggan bandara tersebut, bandara ini juga dikabarkan akan mengalahkan bandara change yang ada di singapura, bandara yang indah dan juga luas.

Selain penjabaran tentang bandara seminar ini juga membahas tentang navigasi Indonesia yang dipegang oleh AIRNAVindonesia, keren banget navigasi Indonesia masih termasuk sangat murah tapi kualitasnya setara dengan navigasi di Australia. Dengan bantuan navigasi ini pesawat yang ada di atas udara Indonesia akan terorganisir sehingga mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya mis komunikasi antara pilot dengan pilot atau pun pihak bandara, semua pengaturan penerbangan harus melalui ijin airnav Indonesia.
Pembicara yang terakhir ini adalah pak Salahudin Rafi (Ahli Bandar Udara Indonesia) membahas tentang Kompetensi pekerja Indonesia dengan membandingkan pekerja di Australia diantaranya kompetensi Ahli Bandara Internasional, semua pekerja kalau hendak bekerja ke luar negeri harus mengikuti kompetensi sehingga bisa dinyatakan layak bersaing ke negeri asing. Begitupun para pekerja asing juga harus lolos kompetensi jika ingin kerja di idonesia. Ada di UU No. 1 2009 tentang sertifikasi ahli dan jjuga ada LSP (Lembaga Spesifikasi Profesi).

Inilah ketiga pembicara yang sngat menarik bagaimana bisa berdiri menghadapi ASEAn open sky yang sudah dimulai sejak 2015 kemarin, ternyata yang memprakarsai open sky adalah orang Indonesia sendiri, jadi kita sebaga orang Indonesia mengapa harus takut, hadapi asah kemampan jangan biarkan Negara asing menjadi tuan rumah di negeri kita, maka jadilah orang Indonesia yang menjadi tuan rumah neegeri sendiri dan menjadi tuan rumah di negeri asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar